Cara Membuat Cilung Dengan Berbagai Isian Enak

By | November 5, 2021
Resep Cilung ala Yummy, Jajanan Khas Sunda yang Gurih Banget

Cilung merupakan makanan yang sangat simple. Cilung biasanya dijual di depan sekolah-sekolah dasar di berbagai daerah di Jawa Barat. Ada juga yang menjual cilung ini dengan dipikul ke rumah-rumah. Cilung memang memasaknya harus satu-satu karena cilung digulung acinya. Berbeda dengan cimol yang bisa banyak menggorengnya. Maka jika membeli cilung ini harus sabar. Cilung biasanya polos tanpa isi atau diisi jika anda suka. Anda bahkan bisa menjadikan isian cilung, manis, pedas atau juga asam. Nah berikut referensi cara membuat cilung dengan berbagai isian enak.

  • Cilung Isi Telor

Isi cilung yang pertama ini akan diisi dengan telor. Telor enak sekali dipadukan bersama cilung. Siapkan 2 buah telur ayam, tepung aci 8 sendok makan atau sesuai selera. Siapkan air, garam, dan royco ayam. Daun bawang 2 lembar siapkan juga.

Telor dikocok dengan royco ayam dan garam. Setelah itu iris daun bawang kecil-kecil sekali dan masukkan ke kocokan telur. Jika sudah anda bisa membuat adonan cilung dengan memasukkan 8 sendok makan tepung ke mangkuk. Tambahkan air dan garam. Jika sudah aduk rata dan siapkan wajan anti lengket. Beri wajannya minyak sedikit dan masukkan 1 sendok makan adonan cilungnya. Tambahkan kocokan telur tadi secara merata ke cilungnya. Gulung dan kemudian makan dengan saus sambal.

  • Cilung Isi Greentea

Anda mungkin merasa aneh dengan sajian cilung yang satu ini. Tetapi dijami rasanya akan enak sekali. Siapkan cokelat greentea yang banyak dijual di minimarket. Siapkan tepung aci 8 sendok makan, tepung terigu 3 sendok makan, air dan garam.

Anda lelehkan dahulu cokelat green teanya. Jika sudah meleleh, buat adonan cilung dengan mencampurkan tepung terigu, tepung kanji dan air. tambahkan sedikit garam dan aduk rata. Jika sudah anda bisa mengambil wajan anti lengket dan cetak cilungnya. Tambahkan lelehan cokelat green tea dan gulung.

  • Cilung Isi Pisang

Memang terdengar baru juga sajian cilung isi pisang ini. Tetapi ini bisa jadi pilhan anda jika bosan dengan sajian cilung yang itu saja. Siapkan pisang yang sudah matang, gula pasir secukupnya, garam. Kemudian siapkan adonan cilungnya yaitu tepung aci 10 sendok makan, royco ayam, tepung terigu 4 sendok makan.

Pisangnya dibehancurkan dengan penumbuk. Tambahkan gula dan garam sesuai selera sambil dicicipi. Jika sudah campurkan tepung terigu dan tepung aci. Tambahkan air dan garam. Sekarang cetak adonan cilung di Teflon dan tambahkan pisangnya. Anda masukkan pisang setelah adonan cilung dimasukkan. Jadi jangan menunggu adonan matang atau setengah matang, nanti pisangnya tidak menempel jika anda lakukan hal itu. Ambil cilung isi pisangnya den gan tusukkan sate besar.

  • Cilung Isi Sayuran

Ini juga bisa jadi pilihan makan cilung yang enak. Siapkan sayuran seperti wortek, kentang dan daun bawang. Siapkan sedikit saja, garam dan royco ayam. Siapkan adonan cilung yaitu tepung aci, tepung terigu dan air.

Anda buat dahulu isiannya dengan memotong kecil-kecil wortek dan kentang. Jika sudah tumis dan tambahkan garam dan royco ayam. Masukkan merica sedikit, jika suka pedas banyak. Sekarang campurkan tepung terigu dan tepung aci beserta air. diaduk rata dan beri garam. Cetak di Teflon dan kemudian beri isian sayuran. Gulung dan angkat dengan tusukkan sate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *