Ikhtiar Melunasi Utang dengan Doa Pelunas Utang

By | July 18, 2021
Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari

Utang adalah salah satu tanggungjawab dan kewajiban yang harus diselesaikan selama hidup di dunia. Jika mengabaikan dan menunda-nunda utang maka akan sangat beresiko memberatkan beban seorang hamba di akhirat kelak. Hal ini karena masalah utang menyangkut haqqul adami ( hak sesama manusia) dan hanya akan selesai jika kedua belah pihak saling rela dan mengikhlaskan. Jika seseorang meninggal dunia maka utang akan menjadi tanggungjawab atau kewajiban ahli warisnya. Maka sekecil apapun utang harus tetap dibayar atau diselesaikan. Untuk menyelesaikan utang kita harus benar-benar berusaha atau berikhtiar baik dengan tindakan ataupun doa.  Adapun ikhtiar doa pelunas hutang yang bisa kita amalkan untuk melunasi utang adalah sebagai berikut :

Diriwayatkan Sayyidina Ali dan dicantumkan oleh imam An- Nawawi dalam karyanya Al-Adzkar.

 َللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allâhummakfinî fi halâlika ‘an harâmik, wa aghninî bi fadhlika ‘amman siwâk

Artinya :

” Tuhanku cukupilah diriku dengan jalan (harta) yang Engkau halalkan, bukan jalan ( harta) yang Engkau haramkan, dan lengkapilah diriku dengan kemurahan-Mu, bukan kemurahan selain diri-Mu.”

Selain doa diatas adapula doa pelunas utang yang lainnya, yaitu :

Jika memasuki waktu pagi dan sore,  Rasulullah SAW mengajarkan kepada seorang sahabat Anshar, sebagaimana diriwayatkan Abu Dawud dalam hadist  1555  berikut :

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

[Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl]

Artinya :

” Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada Mu dari lilitan utang dan tekanan dari orang-orang.”

Kemudian adapula amalan doa pelunas utang yang lainnya yang bisa kita amalkan, Al-Habib Ali bin Hasan Alathas  dalam kitabnya Qirthos menjelaskan dalam satu riwayat sebagai berikut:

” Barangsiapa shalat dua rakaat sebelum fajar, yang mana di setiap rakaat nya surat Al-fatihah, ayat kursi 3 kali, surat Al- Kafirun 1 kali dan surat Al-Ikhlas 11 kali, kemudian setelah shalat membaca subhanallah wabi hamdihi subhanallahil adhim astaghfirullah sebanyak 100 kali, maka Allah akan mempermudah orang tersebut dalam melunasi utangnya dan melapangkan segala rejekinya.”

Setelah doa kita dikabulkan oleh Allah SWT, sehingga mendapat rejeki dan dapat melunasi utang, jangan lupa membaca do’a berikut sebagai wujud syukur.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِكَ وَجَزَاكَ خَيْرًا

Bârakallâhu laka fî ahlika wa mâlika, wa jazâka khairan

Artinya: “Semoga Allah menurunkan keberkahan bagimu terutama untuk keluarga dan hartamu. Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan-Nya.”

Doa ini merupakan bentuk terimakasih kepada orang yang telah berbuat baik yang telah memberikan pinjaman.

Atas izin Allah apabila kita mau berikhtiar dengan sungguh-sungguh, berdoa, melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya, maka Allah akan memudahkan segala urusan dan melapangkan rejeki, sehingga kita  dapat melunasi utang dengan segera.

Untuk itu segeralah bayar utang jika kita telah mampu untuk membayarnya. Karena sebagian orang dzalim adalah mereka yang senantiasa menunda-nunda utangnya padahal dia mempunyai kemampuan untuk membayarnya. Dan akan lebih baik jika kita menghindari utang. Sekian ulasan yang bisa saya bahas kali ini, semoga kita senantiasa dilindungi, diampuni dan diberikan rejeki yang lapang serta berkah oleh Allah SWT. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *