Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan-bahan Sederhana

By | January 25, 2021
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Ketombe Sulit Hilang, Sudah Tahu?

Ketombe merupakan salah satu kondisi kulit yang mempengaruhi pada kulit bagian kepala, ketombe juga bisa menyebabkan kulit kepala gatal, mengelupas, dan berminyak.

Penyebab dari ketombe yaitu:

  • dermatitis seboroik
  • kulit kepala yang kering
  • reaksi alergi terhadap produk rambut
  • kondisi kulit lainnya, seperti eksim atau psoriasis
  • diet ekstrim
  • pertumbuhan berlebih dari jamur Malassezia yang mirip dengan jamur ragi.

Ada banyak obat topikal dan sampo khusus yang dijual dipasaran untuk mengatasi ketombe. Namun, banyak juga cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan sederhana rumahan. Untuk kalian yang ingin menghilangkan ketombe dengan cara yang mudah dan bisa dilakukan dirumah, baca terus artikel ini sampai selesai ya! karena kami akan memberikan tipsnya dibawah ini

  • Minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah salah satu minyak esensial yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia. Minyak pohon teh ini sudah digunakan sejak jaman dahulu yang biasanya digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat, kutu air, dan dermatitis. Minyak pohon the merupakan tanaman yang mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol, yang memiliki aktivitas antimikroba yang sangat kuat. Minyak pohon teh yang mengandung terpinen-4-ol dengan konsentrasi yang tinggi bisa membantu mengurangi ketombe pada kulit kepada dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala berketombe. Mengoleskan minyak pohon the secara langsung pada kulit kepala kita dapat menyebabkan peradangan atau ruam terutama pada mereka yang memiliki kulit yang sensitif, jadi untuk kalian yang tertarik menggunakan minyak pohon teh, sebaiknya kalian menggunakannya dengan cara meneteskan minyak pohon teh ke shampoo yang kalian gunakan. Atau sebagai alternatif, sampo yang mengandung minyak pohon teh.

  • Minyak serai

Minyak serai juga merupakan salah satu minyak yang sudah digunakan dari jaman dahulu yang secara tradisional minyak serai dan serai digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Minyak serai merupakan bahan yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi atau pembengkakan yang bisa membantu mengurangi gejala ketombe. Sama seperti minyak pohon teh, minyak serai juga dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika penggunaannya langsung mengoleskannya ke kulit. untuk menggunakan minyak serai kita dapat mengencerkan minyak serai dengan air atau mencampurkan beberapa tetes minyak serai ke dalam sampo atau kondisioner yang biasa digunakan.

  • Gel lidah buaya

Siapa sih yang tidak tahu dengan khasiat dari lidah buaya, lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat. Lidah buaya atau Aloe vera adalah tanaman sukulen yang dikenal dengan khasiat penyembuhannya bagi kesehatan . Gel pada daunnya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan , yang dapat mengurangi ketombe. Kalian bisa menggunakan gel lidah buaya langsung dari tanamannya, atau membeli produk dengan kandungan lidah buaya asli.

  • Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah kandungan yang dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan juga dapat mendukung kesehatan jantung dan otak. Kekurangan asam lemak omega 3 ini dapat menyebabkan gejala yang merugikan, seperti ketombe, kuku rapuh, dan kulit kering. Omega-3 memberikan beberapa manfaat untuk kulit, seperti

  • mengelola produksi minyak pad akulit
  • mengatur peradangan
  • meningkatkan hidrasi pada kulit
  • mengurangi tanda-tanda penuaan

kita bisa mendapatkan asam lemak omega 3 dari makanan. Makanan yang mengandung omega-3 dalam jumlah yang besar besar yaitu salmon, mackerel, dan kenari. Atau kalian bisa mengkonsumsi suplemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *