Ini Dia Beberapa Jenis Gangguan Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak

By | May 19, 2020

Pastinya kita pernah melihat anak yang jika dibandingkan dengan anak seusianya itu lebih pendek atau juga badannya lebih kecil. Kondisi yang seperti ini tentunya akan membuat para orang tua merasa khawatir. Pasalnya akan pertumbuhan dan perkembangannya tidak akan baik sehingga didalam segala hal akan tertinggal. Sebenarnya anak yang mengalami hal ini kemungkinannya anak tersebut mengalami gangguan didalam tumbuh kembangnya. Terjadinya gangguan tumbuh kembang anak ini tidak hanya menyebabkan terjadinya perubahan pada fisik tetapi juga akan menyebabkan masalah terhadap mental dan daya intelektualnya. Lalu anak yang mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan ini apakah sudah termasuk kedalam golongan yang tidak baik untuk anak?

Berikut beberapa jenis gangguan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak diantaranya yaitu :

  • Keterlambatan Didalam Berbicara

Pada saat anak kita belum bisa berbicara padahal anak anak lain yang seusianya telah bisa berbicara, maka anak tersebut mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan kondisi yang seperti ini maka anak tidak akan bisa berbicara dan berkomunikasi dengan baik, tidak akan mampu memahami perintah atau tidak memahami cara komunikasi yang lainnya. Para orang tua sudah bisa mengamati jika anaknya memang sudah tertinggal dari teman teman yang seusianya.

Untuk mengatasi kondisi ini maka sebaiknya para orang tua melakukan terapi wicara dengan profesional, merangsang kemampuannya untuk berbicara, menstimulasi anak supaya mau berbicara, memberikan anak dorongan untuk berbicara atau cara komunikasi yang lainnya.

  • Keterlambatan Didalam Berjalan

Anak seharusnya sudah mulai bisa belajar untuk berjalan pada saat usianya memasuki usia 8 bulan. Tetapi jika diusianya itu anak belum bisa melakukan hal itu maka kemungkinannya anak mengalami gangguan didalam pertumbuhan dan perkembangannya. Jika masalah ini terjadi hingga anak berusia 18 bulan maka anak tersebut masuk kedalam golongan anak yang terlambat berjalan. Kondisinya akan sangat mengkhawatirkan pada saat anak usianya sudah lebih dari 18 bulan tetapi tidak mau belajar berjalan.

Untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya anak yang mengalami keterlambatan berjalan ini dibawa ke tempat khusus terapis, anak didorong untuk lebih bisa bergerak aktif, melatih stimulasi otot anak, dan tetap menjaga anak supaya tetap berusaha mau belajar berjalan.

  • Terjadinya Autisme

Gangguan autisme merupakan sebuah kondisi dimana anak akan sulit untuk bisa memahami situasi, sulit untuk berbicara, berlebihan tindakan emosinya, dan bahkan terkadang anak akan mengalami gangguan yang sangat kompleks. Gagguan ini akan mendorong terjadinya masalah sistem neurologis yang akan membuat anak merasa sulit untuk bisa berkomunikasi dan berinteraksi sosial.

Untuk mengatasi masalah ini maka sebaiknya anak dibawa untuk melakukan terapi khusus untuk anak yang menderita autis. Yang perlu diingat terapi harus dilakukan oleh seseorang yang profesional dan memang sudah berpengalaman dibidangnya. Perlunya dilakukan terapi supaya anak terdorong kemampuannya untuk berkomunikasi, berbicara, dan juga bisa mengendalikan tingkah lakunya sehingga anak bisa tumbuh dengan mandiri.

Itulah beberapa jenis gangguan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu masih ada gangguan yang lainnya seperti cerebal palsy yang merupakan sebuah gangguan yang terjadi sejak janin masih berada didalam rahim ibunya dan gangguan ini bisa terdeteksi pada saat ibu memeriksakan kehamilannya. Terjadinya gangguan ini akan menyebabkan anak mengalami masalah didalam gerakannya, pertumbuhan yang lambat, cacat fisik, dan tidak normalnya sistem motoriknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *