Bawaslu Harus Kerja Keras Buktikan Politik Uang

Manado, MS – Sejauh ini khususnya di Sulut belum terlihat ada penyimpangan yang signifikan dilakukan oleh para caleg yang akan bersaing untuk meraih kursi legislatif dalam Pemilihan Umum 2019 mendatang. Termasuk Politik Uang. ML Denny Tewu. Calon senator DPD RI 2019-2024 nomor urut 34 dari dapil Sulut menyampaikan pandangannya terkait politik uang yang bisa saja terjadi dalam masa kampanye.

Politik Uang, lanjutnya beda-beda tipis dengan politik memanfaatkan kekuasaan. Bisa dirasakan tapi sulit dibuktikan. “Jadi perlu kerja keras Bawaslu untuk bisa membuktikan penyimpangan yang ada. Kalau saja ada insentif seperti pada kasus pelapor korupsi, mungkin saja bisa lebih semangat Bawaslu menangkap para penyimpang,” usul mantan Ketua Umum PDS ini.

Ia kemudian menceritakan perihal satu kabupaten kota di Sulut (Minahasa Tenggara). Bupati di sana mengeluarkan SK larangan atas organisasi agama dan masyarakat meminta sumbangan sumbangan dalam berbagai bentuk terhadap caleg. “Saya salut untuk kebijakan tersebut. Kalau saja semua kepala daerah lakukan hal yang sama tentu kompetisi akan menjadi lebih sehat dan bermartabat,” kata Ketua Umum Rukun Keluarga Besar Tewu/Tewuh ini pula.

Bapak tiga anak ini juga melihat adanya korelasi antara korupsi dan politik uang. Menurut dia, kalau dari awal caleg sudah berpikir bahwa uang atau kekuasaan bisa menyelesaikan semuanya, maka hasil akhirnya pasti akan merugikan masyarakat dan caleg itu sendiri.

Kampanye yang berlangsung saat ini memang adalah yang terlama menuju Pemilihan Umum, dan baru pertama kali bersamaan dilakukan Pileg dan Pilpres. Jadi, umumnya caleg masih melihat dan menunggu, harus mengatur nafas panjang untuk kampanye yang akan dilakukannya. Masyarakat, masih lebih banyak terfokus dengan isu kampanye capres dan cawapres, jelas Denny.(red)

About Jems Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Perkara Big Fish-Paris 88, Terdakwa Dituntut Satu Tahun

FOTO : Tampak kedua bangunan yang bersebelahan berada di Jalan Piere Tendean, Sario, Manado. (ISTIMEWA) ...