Jokowi: Saya Yakin Media Mainstream Tetap Berperan Penting

Ambon – Presiden Joko Widodo bicara soal peran media di peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017. Jokowi meyakini media arus utama (mainstream) tetap memiliki peran penting bagi pembangunan, di tengah maraknya pemberitaan hoax di media sosial.

“Sekarang ini kelihatannya akan ada pergeseran dari media arus utama mainstream ke media sosial. Tapi saya meyakini media mainstream tetap akan mempunyai peran yang sangat penting, terutama bagi pembangunan kita. Terutama pembangunan SDM lewat informasi-informasi yang diberikan,” kata Jokowi usai menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Lapangan Polda Maluku, Kota Ambon, Maluku, Kamis (9/2/2017).

Jokowi menilai pemberitaan hoax tak begitu mengkhawatirkan bagi pemerintah. Pasalnya, tak hanya di Indonesia, semua negara juga mengalami gempuran berita hoax.

“Biasa sajalah itu. Semua negara seperti tadi saya sampaikan, mengalami, tidak usah dibesar-besarkan, hanya bagaimana menghadapi dan menyelesaikan tantangan itu. Karena bagaimanapun masyarakat juga cerdas, pintar, mana berita benar, mana yang nggak benar,” katanya.

Jokowi meyakini masyarakat sudah bisa memilah berita, mana yang benar atau tidak. Maraknya pemberitaan hoax juga akan mendewasakan bangsa Indonesia.

“Masyarakat akan dewasa bisa memilah-milah, ini akan mematangkan kita. Berita-berita bohong, fitnah, itu akan semakin mematangkan kita dalam berbangsa dan bernegara. Akan mendewasakan kita, akan menjadikan kita tahan uji, dan nggak usah banyak keluhan mengenai itu. Yang penting saya kira dihadapi, diselesaikan, dikurangi, dihilangkan,” jelasnya.

“Ini fenomena semua negara, bukan kita saja. Karena saya dapat info dari pembicaraan diskusi saya dengan PM, Presiden negara lain, menyampaikan hal yang sama. Ya inilah keterbukaan tidak bisa kita bilang tidak,” tambahnya. (Sumber : DetikCom)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

BSG Umumkan Debitur Menunggak,TAC Sebut Bisa Berdampak Negatif

    Manado,MS – Pengumuman nama-nama yang di duga menunggak kredit oleh Bank Sulutgo (BSG), ...